Dicari Partner Bisnis di Sukabumi Info 0852 8533 5977

Kta Untuk Modal Bisnis? Inilah Keuntungan Dan Syarat Pengajuan Kta

Kredit Tanpa Agunan (KTA) yaitu salah satu produk dukungan yang menyampaikan fasilitas dukungan tanpa jaminan yang artinya tidak membebankan calon nasabah untuk mempersiapkan suatu aset untuk dijadikan jaminan atas dukungan tersebut. Menabung untuk modal bisnis memang bagus, tapi butuh waktu berapa lama untuk mengumpulkannya hingga berjumlah besar. Akhirnya, untuk mempercepat mewujudkan bisnis yang sudah direncanakan, ada alternatif lain yang mampu dicoba, yaitu dengan mengajukan kredit tanpa agunan (KTA).

Pihak bank tertentu biasanya akan menawarkan produk ini kepada calon pebisnis dengan syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk mampu mendapat dana dukungan usaha. Prospek meminjam dana dengan KTA ke Bank, memang bagus. Jika syarat telah dipenuhi, maka beberapa pilihan nominal dukungan mampu dipilih. Cara ini tentu lebih baik dan cepat bukan, dibandingkan dengan menunggu terkumpulnya tabungan kita untuk modal usaha. Namun, sebaiknya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, sebelum tetapkan mengambil KTA untuk modal usaha.

Salah satu keuntungan dari pengajuan KTA yaitu pihak bank tidak mengharuskan atau tidak mewajibkan pengaju untuk suatu kebutuhan tertentu. Dengan kata lain, pengaju mampu melakukan hal apa saja dari hasil pencairan KTA. Secara garis besar, KTA termasuk ke dalam produk kredit konsumtif, yaitu digunakan untuk salah satu dari kepentingan-kepentingan sebagai berikut:
 yaitu salah satu produk dukungan yang menyampaikan fasilitas dukungan tanpa jaminan yang ar Kta Untuk Modal Bisnis? Inilah Laba Dan Syarat Pengajuan Kta
  • Biaya Merenovasi Rumah
  • Biaya Pernikahan
  • Biaya Pendidikan Anda/anak
  • Biaya Pengobatan
  • Pelunasan/Penutupan Credit Card
  • Modal Usaha/Bisnis
  • Kebutuhan finansial lainnya



Apa Saja Keuntungan dari KTA?

Produk KTA ini menjadi solusi instan bagi nasabah yang membutuhkan dana cepat. Selain memiliki proses mudah, produk ini memiliki beberapa kelebihan mirip memiliki cicilan ringan, syarat mudah, dan memiliki bunga rendah. Cukup hanya dengan menyerahkan syarat-syarat yang diperlukan, Anda eksklusif mampu mengajukan aplikasi untuk dukungan ini. Berikut beberapa keuntungan dalam mengajukan KTA:

Persyaratan pengajuan kredit yang simpel dan proses yang cepat.
  • Pinjaman diajukan tanpa memerlukan agunan atau tanpa jaminan.
  • Penggunaan dukungan disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Suku bunga tetap (selama masa kontrak kredit).
  • Periode cicilan kredit disesuaikan dari 12 bulan – 60 bulan.
  • Mendapatkan dukungan asuransi (untuk beberapa produk KTA dari bank tertentu).
  • Limit dukungan yang cukup besar, hingga Rp 300 juta.
Berikut ini lima hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan, sebelum mengambil KTA mirip dikutip dari Liputan6.com:

1. Membuat perencanaan bisnis sederhana
Sebelum mengajukan modal untuk bisnis dengan menggunakan KTA, cobalah untuk membuat sebuah perencanaan bisnis sederhana. Walaupun Anda yaitu seorang pemula dalam dunia bisnis yang hendak dijalankan tersebut, membuat perencanaan bisnis tentu akan menyampaikan efek yang baik bagi terkabulnya KTA yang sedang diajukan. Cantumkan jumlah anggaran dalam perencanaan bisnis tersebut, biar pihak bank mampu memperhitungkan dukungan untuk bisnis anda.

Misalnya dalam anggaran bisnis tersebut Anda mencantumkan perkiraan pemasukan mencapai Rp 10 juta per bulan. Biaya operasional mencapai Rp 6 juta per bulan. Jadi, pastikan KTA yang diajukan nanti cicilan harus berada di bawah Rp 4 juta.

2. Pastikan dana yang Anda pinjam cukup dan sesuai kebutuhan
Pinjaman dana usaha berupa KTA, memang berpotensi menyampaikan nilai uang yang tinggi, kalau memang usahanya diprediksi memiliki prospek yang bagus.

Sebaiknya, Anda hitung dengan baik modal awal dan biaya operasional bulan pertama sebagai dasar jumlah dana untuk pengajuan KTA. Ingatlah meminjam dana lewat KTA dalam jumlah tinggi sekalipun, pada cicilannya nanti akan dikenakan bunga tinggi.

3. Membaca secara teliti syarat aplikasi KTA
Ketika hendak mengajukan KTA, ada syarat umum yang harus dipenuhi mirip batasan usia, jumlah penghasilan per tahun, tenor cicilan, batas nilai minimal dan maksimal dukungan dan sebagainya.

Perhatikan syarat umum tersebut, dan pastikan Anda sebagai pemilik usaha memang memenuhi syarat tersebut. kalau salah satu syarat tidak mampu dipenuhi, maka kemungkinan Anda belum mampu meminjam dana lewat KTA.

4. Memiliki tabungan cadangan
Memulai bisnis dari awal, berarti harus siap untuk mendapat risiko kerugian dibandingkan keuntungan. Di samping itu, kalau sudah mengajukan KTA berarti sudah memiliki tanggung jawab untuk mampu membayar cicilannya nanti, kalau KTA dikabulkan. Tidak ada salahnya untuk memiliki tabungan cadangan jauh hari sebelum dimulainya cicilan KTA. Hal ini mampu meringankan beban Anda, kalau saja nanti keadaan bisnis sedang kurang maksimal.

5. Rajin membandingkan harga
Untuk membandingkan harga produk KTA dari banyak sekali lembaga keuangan, anda mampu mengunjungi situs-situs pembanding produk keuangan. Di sana akan diberikan gambaran mengenai perbandingan harga KTA serta bunganya. Tentunya anda ingin mengajukan KTA dengan bunga yang lebih ringan bukan.

Sebelum mengajukan KTA ke pihak Bank, sebaiknya Anda membuat perencanaan bisnis dengan detil dan maksimal.

Usaha jenis apa yang akan dikembangkan, komponen SDM dan juga peralatan yang diperlukan, semuanya perlu dihitung dan diprediksikan. Jangan mengajukan dukungan modal terlalu tinggi, alasannya KTA yaitu dukungan yang memiliki bunga yang tinggi.

Sumber Referensi :
http://www.ayopreneur.com/business-advice/ambil-kta-untuk-modal-bisnis-perhatikan-hal-ini
https://www.cermati.com/kredit-tanpa-agunan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel