Dicari Partner Bisnis di Sukabumi Info 0852 8533 5977

Apa Itu Franchisor?

Franchisor adalah orang atau perusahaan yang menyampaikan lisensi kepada pihak ketiga untuk menjalankan bisnis di bawah merek franchisor. Franchisor memiliki hak dan merek dagang perusahaan secara keseluruhan dan memungkinkan pemegang waralaba untuk menggunakan hak-hak ini dan merek dagang untuk melakukan bisnis. Menjadi pemilik waralaba yaitu tentang menciptakan dan berbagi kekerabatan dengan mitra pewaralaba Anda dan, bersama-sama, memperluas dan berbagi merek Anda dengan cara yang tidak mampu Anda capai sendiri. Anda pada dasarnya menjadi pemimpin, mengarahkan franchisee Anda untuk mencapai konsistensi operasional dan integritas merek. 

Penelitian telah menemukan bahwa pertumbuhan industri waralaba Indonesia berada pada rekor tertinggi dan banyak pemilik waralaba mempertimbangkan untuk memperluas jangkauan bisnis waralaba mereka di luar negeri. Dengan industri waralaba yang tampaknya menjadi bukti resesi yang luar biasa, nampaknya sekarang yaitu waktu yang tepat untuk mempertimbangkan menjadi pemilik waralaba.

Waralaba atau sekadar menjual bisnis Anda?
Tetapi bagaimana Anda tahu apakah akan menjadi franchisor, atau hanya menjual bisnis Anda? Pertanyaan pertama yang harus dijawab yaitu apakah bisnis Anda 'dapat diwaralaba'. Waralaba yaitu format yang fleksibel dan semua jenis bisnis mampu diwaralaba. Namun ada beberapa karakteristik dasar yang harus dipenuhi. Bisnis Anda harus kredibel, unik, mampu diajar, dan menyampaikan pengembalian yang memadai. Jika bisnis Anda memenuhi kriteria Asosiasi Waralaba Indonesia maka waralaba memperlihatkan peluang besar untuk berbagi bisnis Anda dengan cepat dan alternatif untuk menjual bisnis Anda jikalau uang, waktu, atau sumber daya menjadi masalah.

Ada juga banyak keuntungan untuk waralaba bisnis Anda. Ini hanya beberapa:

Kembangkan bisnis Anda. Waralaba yaitu cara yang hemat biaya untuk berbagi bisnis Anda. Waralaba bertanggung jawab atas biaya bangunan dan staf gres yang berarti Anda tidak perlu menghabiskan modal Anda sendiri atau mendapat dana tambahan.

Delegasi manajemen. Jika Anda memilih franchisee yang tepat maka mereka akan termotivasi untuk menciptakan kesuksesan bisnis mereka. Tidak memiliki tanggung jawab pengelolaan langsung akan memungkinkan Anda memiliki lebih banyak kebebasan untuk berbagi sistem operasi dan perluasan merek Anda.

Pembuat uang. Sebagai pemilik waralaba, Anda akan mendapat pembayaran berkelanjutan dari pemegang waralaba. Sementara franchisee memenuhi semua biaya dan mengumpulkan pendapatan, Anda akan mendapat biaya franchise dan royalti atau mark-up pada produk yang dijual oleh franchisee.
adalah orang atau perusahaan yang menyampaikan lisensi kepada pihak ketiga untuk menjalankan Apa Itu Franchisor?


 Jadi, apa itu franchisor? Berikut 5 peran dan tanggung jawab utama yang harus dilakukan oleh pemilik waralaba:
  • Pilih franchisee yang berkualitas. Ini urusan Anda dan akhirnya Anda berkepentingan untuk memilih franchisee yang memahami konsep franchise Anda dan berkomitmen untuk mengoperasikan sistem sesuai dengan standar yang ditetapkan. Orang-orang mungkin memiliki modal untuk menjalankan bisnis mereka sendiri, tetapi mungkin tidak memiliki kualifikasi untuk mengikuti sistem yang sudah ada, yang merupakan inti dari franchise.
  • Jangan tergesa-gesa dan merekrut franchisee potensial pertama yang memperlihatkan minat. Sebagai pemilik waralaba, Anda harus mengetahui dari mana pemilik waralaba mendapat pendanaan dan ketentuan pembayaran mereka. Jika franchisee tidak mampu mendanai bisnis gres mereka secara memadai, maka ini akan menjadikan duduk kasus dalam jangka panjang. Terakhir, franchisee yang Anda pilih harus berwirausaha, tetapi tidak terlalu banyak sehingga mereka tidak mampu bekerja dalam sistem waralaba yang Anda tentukan
  • Berikan akses kepada franchisee Anda. Sebagai pemilik waralaba, yaitu peran Anda untuk meneruskan pengetahuan dan pengalaman Anda kepada pemegang waralaba untuk memastikan keberhasilan mereka, serta keberhasilan seluruh sistem. Waralaba akan meminta pemilik waralaba untuk menyampaikan training bagi mereka dan tim mereka untuk memastikan bahwa semua staf unit memahami peran mereka dalam operasi waralaba. Ini sangat penting jikalau semua staf memiliki keterampilan untuk menjadi efektif dalam melakukan tanggung jawab dan peran pekerjaan mereka. Dan proteksi ini tidak berhenti ketika franchisee mulai berjalan. Sebagian besar perjanjian waralaba membutuhkan pemilik waralaba untuk menyampaikan proteksi berkelanjutan kepada pemegang waralaba. Ini termasuk saran teknis dan operasi sehari-hari. Bagian dari tanggung jawab franchisor ini membantu mengawasi seluruh operasi jaringan waralaba.
  • Lindungi merek Anda. Branding Anda yaitu apa yang akan menciptakan sistem waralaba Anda menonjol. Merek Anda harus konsisten dan kuat, jikalau tidak, uang iklan akan terbuang sia-sia lantaran pelanggan tidak akan memiliki kepercayaan terhadap merek. Jika merek tidak beresonansi dengan audiensnya, seluruh sistem waralaba menderita.
  • Kembangkan standar pemasaran. Sebagai pemilik waralaba, salah satu tanggung jawab utama Anda yaitu berbagi standar pemasaran untuk mempromosikan merek Anda, secara hukum melindungi merek dagang Anda dan menetapkan standar kualitas untuk produk dan / atau layanan Anda.
  • Jadilah komunikator yang hebat. Hubungan yang dibangun antara franchisor dan franchisee yaitu kunci keberhasilan bisnis. Sebagai pemilik waralaba, Anda perlu secara teratur memberi tahu para pemegang waralaba gagasan baru, pemasaran, atau pembaruan pelatihan. Komunikasi memiliki nilai yang sama dengan layanan pelanggan. Jika Anda tidak memiliki keterampilan layanan pelanggan yang baik, Anda mungkin tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Tanpa keterampilan komunikasi, sistem waralaba tidak akan bertahan.
Dan ini gres permulaan. Ada banyak hal lain untuk waralaba. Sebagai pemilik waralaba pemula atau berpengalaman, penting untuk memahami bahwa waralaba bisnis Anda yaitu perjalanan berkelanjutan untuk meningkatkan sistem bisnis dan memperluas merek Anda. Pastikan Anda berbicara dengan pengacara waralaba yang tepat, konsultan waralaba, dan departemen waralaba bank Anda - semuanya seminimal mungkin. Gunakan pengacara terakreditasi British Franchise Association yang mampu memberi tahu Anda tentang langkah yang benar untuk memulai petualangan waralaba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel