Entrepreneur - 6 Ciri-Ciri Utama Dari Pemimpin Sukses
Ada sebuah kutipan yang memberikan bahwa "Jika anda membangun tentara 100 singa dan pemimpin mereka yaitu anjing, dalam perjuangan apapun, singa akan mati mirip anjing. Tetapi jikalau anda membangun 100 anjing dan pemimpinnya yaitu singa, semua anjing akan melawan mirip singa". Jelas dari kutikan itu sanggup kita simpulkan bahwa pemimpin tim harus mirip singa. Pemimpin yang sukses yaitu pemimpin yang menginspirasi orang-orang untuk memiliki kepercayaan diri sendiri. Kemampuan dan bakat kepemimpinan penting untuk memimpin tim Anda ke arah yang benar, dan siapa saja yang memiliki kemampuan itu bisa mengembangkan tim.
Dalam kehidupan konkret sebagai pengusaha anda bekerja keras untuk mengembangkan produk atau layanan anda. Kamu merampungkan semua duduk perkara teknologi atau keuangan dan mempromosikan produk yang sulit menjualnya. Tapi apakah anda berpikir bahwa apa yang kamu lakukan sudah cukup sebagai seorang pemimpin. Mari kita periksa beberapa dibawah ini sifat kunci yang dibutuhkan untuk pemimpinyan sukses.
Ciri-ciri Mencapai Pemimpin Sukses
- Vision (Pandangan)
Sebagai seorang pemimpin anda harus punya visi. Untuk pengusaha visi berarti tujuan futuristik dan aspirasi untuk bisnis. Visi memperlihatkan fokus yang terang dan arah untuk semua anggota tim. Ini akan membantu mereka untuk melakukan segala pekerjaan menjadi lebih baik. Visi yaitu suatu pandangan jauh perihal perusahaan, tujuan - tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang. Misi perusahaan yaitu tujuan dan alasan mengapa perusahaan itu ada.
- Passion (Gairah)
Pemimpin yang baik akan kasar perihal hal yang mereka lakukan. Dengan kata lain mereka abstrak untuk memenuhi target mereka. Gairah yaitu apa yang anda bangun lebih awal, menciptakan anda terlambat, dan tidak melakukan jikalau merasa mirip bekerja. Pemimpin kasar menginspirasi anggota tim untuk bekerja menuju tujuan bersama organisasi/perusahaan.
- Bepergian ke Jalur Luar Zona Nyaman
Pemimpin yang baik harus bisa melakukan perjalanan bisnis ke jalan bisnis yang belum pernah dijalani. Artinya, seorang ketua harus bisa keluar dari zona nyaman mereka. Seorang bos harus bersedia untuk mencoba hal-hal baru dan harus berani mengambil resiko. Biasakan keluar dari zona nyaman Anda Bersiaplah untuk sedikit lebih berani setiap hari. Padahal keluar dari zona nyaman akan menciptakan Anda menjadi eksklusif yang lebih berkembang.
- Mampu Mengelola Kegagalan
Pemimpin harus tahu bagaimana mengelola kegagalan. Pemimpin yang baik haruslah dengan rendah hati mendapat kegagalan dengan pengaukuan dan dikala sukses datang, bos harus memperlihatkan penghargaan kepada semua orang yang bekerja dengan itu. Kegagagalan itu mirip kita sedang mulai mencar ilmu naik sepeda, kita harus terjatuh dulu sebelum kita berhasil menaiki sepeda tersebut. jikalau kita menyerah dikala kita terjatuh lantaran kita belum bisa naik sepeda maka kita tidak akan pernah mencoba untuk mencar ilmu lagi, sehingga mustahil jikalau kita bisa naik sepeda.
Dalam manajemen keberhasilan dan kegagalan, dibutuhkan seni tetapkan acuan keberhasilan melalui proses yang terdiri dari lima langkah sebagaimana tips sukses yang ditawarkan Art Mortell dalam The Courage to Fail (1993) yaitu;
- Tentukan atau kenali rasa takut yang melemahkan diri kita;
- Beritahu orang lain perihal sebab-sebab kebingungan Anda, yang sanggup membantu membebaskan diri Anda dari rasa takut;
- Putuskan bagaimana kita bisa berhenti bila upaya kita menjadikan kekecewaan yang sangat sampai kita yakin bahwa kita sanggup mengendalikan situasi;
- Mulailah dengan perlahan-lahan sampai kita bisa menghadapi tantangan dengan baik dan mengurangi bahaya timbulnya kepanikan;
- Bayangkan diri kita sedang berada di daerah yang menyenangkan, sehingga rasa takut digantikan oleh emosi yang positif dan bisa menggunakannya untuk mendorong kreativitas.
Sumber by dakwatuna.com
- Keberanian Untuk Mengambil Keputusan
Bos harus memiliki keberanian untuk mengambil keputusan. Sebelum mengambil keputusan seorang ketua harus melihat semua faktor. Keputusan yang diambil oleh pemimpin harus cepat dan berkomitmen. Sebelum mengambil keputusan bos harus membawa semua anggota tim dalam kepercayaan. Keputusan yang diambil oleh bos harus mengambil keputusan analitik berdasarkan fakta dan angka.
Banyak orang yang heran bagaimana seorang pemimpin bisa mengambil keputusan penting bahkan di dikala penuh tekanan. Proses mereka menciptakan keputusan berasal dari akumulasi dari pengalaman dan pertemuan dengan banyak situasi berbeda, tipe kepribadian, serta kegagalan yang tak terduga.
- Transparansi dan Integritas
Seorang bos harus transparan dan integritas tinggi. Pemimpin harus mengelola segala sesuatu secara transparan. Ini akan menciptakan suasana yang sehat untuk bekerja dan menghasilkan loyalitas di antara anggota tim, yang akan menjadikan organisasi yang kuat.