Tips Bisnis - 4 Penyebab Usaha Anda Sepi
Seringkali terjadi produk yang dipasarkan sepi peminat, kalaupun ada pembeli, namun tidak menyampaikan peningkatan yang signifikan. Hal ini yang dihindari oleh pelaku usaha alasannya ialah ialah akan mensugesti kemajuan bisnis. Konsumen ketika ini tidak hanya mempetimbangkan harga ketika memutuskan untuk membeli sebuah produk. Namun juga mengharapkan manfaat yang akan diterima bila dia membeli produk tersebut. Dasar inilah yang akan mensugesti produk Anda mampu diterima dengan baik atau justru ditinggalkan oleh konsumen. Berikut ini 5 alasan yang mampu menyebabkan produk sepi peminat:
1. Akses yang sulit untuk menerima produk
Jika Anda telah melakukan promosi dimana Anda menginformasikan bahwa produk Anda sudah mampu didapatkan di pasar, tapi kenyataannya konsumen masih sulit untuk mendapatkannya, maka strategi marketing yang Anda jalankan tidak tepat sasaran. Anda harus ingat bahwa konsumen ingin fasilitas dalam menerima sebuah produk, bukan malah dipersulit.
2. Konsumen belum mengetahui produk Anda
Konsumen yang cerdas tidak mudah terpengaruh dengan harga murah yang ditawarkan sebuah produk. Saat ini mereka menjadi lebih selektif dan bijak dalam memilih suatu produk. Konsumen enggan membeli produk yang belum dikenalnya. Jika upaya promosi atau program pemasaran yang Anda lakukan belum juga mampu menciptakan konsumen mengenal produk Anda, mungkin Anda harus melakukan inovasi produk yang mampu menyampaikan peluang dikenalnya produk Anda oleh pasar.
3. Tidak ada nilai tambah yang dirasakan konsumen
Konsumen yang selektif akan enggan memilih produk yang tidak ada nilai tambah didalamnya. Untuk mengatasinya, Anda mampu memaksimalkan keunggulan dalam produk tersebut untuk menciptakan perceived value sehingga mampu membantu proses penjualan produk Anda.
Jika Anda sudah mengetahui penyebab sepinya pembeli, Anda mampu segera mengambil langkah untuk memperbaiki dan memilih strategi yang akan dipakai.
4. Manfaat produk yang belum dikenal
Saat Anda menyampaikan produk di pasar, maka harga bukanlah satu-satunya faktor yang menyebabkan produk Anda laku. Ada faktor utama yang harus Anda ingat, yaitu manfaat apa yang mampu didapatkan oleh konsumen dalam menggunakan produk tersebut.
Menanyakan pada konsumen apakah mereka tahu keunggulan dari produk Anda merupakan langkah sederhana tapi mampu mensugesti penjualan produk Anda di kemudian hari. Menitikberatkan strategi pemasaran Anda pada manfaat dan keunggulan yang dihasilkan merupakan langkah dalam mengedukasi konsumen semoga mengetahui manfaat produk Anda. (Sumber Artikel Dicopy dari Laruno.com)