Apa Itu Usaha Jasa? Pengertian, Ciri-Ciri, Karakteristik, Kelebihan Dan Kekurangan
Usaha Jasa ialah Perusahaan komersial yang menyediakan pekerjaan secara hali oleh individu atau tim untuk kepentingan pelanggannya dalam menyediakan produk tak berwujud mirip akuntansi, perbankan, konsultasi, pembersihan, lansekap, pendidikan, asuransi, perawatan, dan layanan transportasi. Contoh yang baik dari perusahaan jasa ialah kantor akuntan publik. Mereka memperoleh pendapatan dengan menyiapkan laporan pajak penghasilan, melakukan audit dan layanan aset, dan bahkan melakukan pekerjaan pembukuan.
Bisnis jasa ialah perusahaan yang terdiri dari profesional atau tim hebat yang menyampaikan pekerjaan atau derma dalam merampungkan peran untuk kepentingan pelanggannya. Produk yang diberikan bisnis jasa tidak mirip produk yang Anda beli di toko, mirip televisi, pakaian, atau makanan. Bisnis jasa menyampaikan produk yang terutama terdiri dari tenaga kerja eksklusif dan keahlian untuk menyampaikan pekerjaan yang diinginkan. Misalnya, Anda sanggup menggunakan agen real estat untuk membeli rumah pertama Anda karena Anda ingin memanfaatkan keahlian mereka, keterampilan bernegosiasi, dan pengetahuan wacana kontrak yang diperlukan.
Pengalaman layanan pelanggan Anda ialah semua hal yang dilakukan bisnis untuk memastikan kepuasan Anda. Ini ialah kepingan kunci dari keberhasilan bisnis ini dan bagaimana mereka mencoba untuk membedakan diri dari pesaing. Ini termasuk kualitas pekerjaan yang mereka lakukan, seberapa ramah mereka, ketepatan waktu merampungkan pekerjaan mereka, dan kemampuan mereka untuk menjawab pertanyaan atau mengatasi duduk perkara yang mungkin timbul.
Perusahaan akuntansi tidak menjual produk fisik mirip pengecer dan pedagang. Sebagai gantinya, mereka menjual layanan mereka kepada klien dan biasanya membebankan biaya per jam. Ini berlaku untuk hampir semua perusahaan profesional. Pengacara biasanya telah menetapkan tarif per jam dan membebankan biaya pada klien berdasarkan berapa lama untuk melakukan layanan. Intinya, perusahaan-perusahaan ini benar-benar menjual waktu mereka.
Ada banyak bisnis lain selain perusahaan profesional yang ada di industri jasa. Ambil bisnis perawatan kebun dan lansekap misalnya. Anda membayar mereka untuk datang ke rumah Anda dan melakukan layanan. Anda tidak menerima produk fisik dari bisnis perawatan kebun.
Pengertian Perusahaan Jasa Menurut Para Ahli
- Djaslim Saladin
Perusahaan jasa Menurut Djaslim Saladin ialah badan usaha yang melakukan kegiatan yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan suatu pihak ke pihak lainnya.
- Norman
Pengertian perusahaan penyedia jasa Menurut Norman ialah perusahaan yang melakukan tindakan atau interaksi berupa kontak sosial antara produsen dan konsumen yang lebih dari sekedar hasil suatu yang tidak terhalang.
- Adrian Payne
Perusahaan jasa Menurut Adrian Payne ialah perusahaan yang melakukan program ekonomi yang memiliki nilai atau manfaat intangible, dimana terdapat interaksi dengan konsumen atau dengan barang miliki tapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.
- Christian Gronross
Pengertian perusahaan penyedia jasa Menurut Christian Gronross ialah perusahaan yang dalam kegiatannya terdiri dari serangkaian program intangible yang terjadi antara pelanggan dan pegawai jasa untuk mengatasi duduk perkara pelanggan.
- Philip Kotler
Pengertian perusahaan jasa Menurut Philip Kotler ialah perusahaan yang menawarkan suatu tindakan bersifat absurd atau tidak berwujud dan tidak mengakibatkan perpindahan kepemilikan pada orang lain.
Karakteristik Jasa
- Tidak memiliki wujud, yang artinya bersifat absurd dan tidak sanggup dilihat
- Harga Jasa Tidak Dapat Dipatok General
- Tidak Ada Harga Pokok Produksi dan Penjualan
- Produk yang dihasilkan tidak berstandar atau bervariasi (heterogenitas)
- Tidak bisa dipisahakan “produk dihasilkan dan dikonsumsi secara bersama-sama”
- Tidak bisa disimpan karena tidak memiliki wujud
Ciri-Ciri Perusahaan Jasa.
- Jasa yang diberikan tidak sama, jadi masing-masing konsumen sanggup memperoleh jenis pelayanan yang berbeda dengan konsumen lainnya.
- Pendapatan berasal dari penjualan jasa.
- Dalam proses memproduksi jasa, bisa atau tidak memerlukan derma dari produk fisik.
- Jasa yang dihasilkan tidak bisa disimpan, jadi sekali dibeli maka penggunaanya akan eksklusif habis.
- Tidak memiliki persedian produk dalam bentuk fisik, karena Produk yang dijual merupakan produk yang tidak berwujud (jasa). Jadi produk yang dihasilkan tidak sanggup dilihat akan tetapi manfaatnya sanggup dirasakan.
- Biasanya tingkatan harganya memiliiki sifat yang tidak mutlak, karena murah atau mahalnya harga yang ditetapkan oleh perusahaan tergantung tingkat kebutuhan konsumen.
Ruang Lingkup Perusahaan Jasa
Ruang lingkup dari perusahaan jasa tidak terlalu besar karena hanya seputar mempersiapkan jasa yang akan diberikan kepada pelanggan hingga pada saat produsen jasa menjual produk jasanya kepada konsumen tersebut.
Adapun ruang lingkup perusahaan jasa ialah sebagai berikut:
- Komunikasi: Perusahaan telepon, stasiun tv, radio
- Profesi: akuntan, klik bersalin
- Hiburan: bioskop, taman hiburan, kebun binatang
- Tempat tinggal: hotel, asrama, guest house
- Keahlian perorangan: salon kecantikan, penjahit, studio foto, pangkas rambut.
Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan Jasa
Kelebihan Usaha Jasa
- Tidak memerlukan daerah untuk penyimpanan barang atau gudang.
- Pada badan usaha jasa tertentu tidak membutuhkan banyak karyawan sehingga menghemat pengeluaran gaji karyawan.
- Dengan berbisnis jasa tidak membutuhkan daerah untuk display produk sehingga dalam hal sewa daerah usaha akan lebih hemat.
Kekurangan Usaha Jasa
- Strategi promosi membutuhkan testimoni pelanggan sebanyak-banyaknya karena tidak ada produk yang bisa digunakan untuk demo.
- Meskipun ada komplain, namun dalam badan usaha jasa tidak bisa mengembalikan apa yang sudah dibeli (diretur).